Senin, 25 Juli 2016

Bika


Bicara soal Kuliner Impian...nah ini dia salah satu kuliner impian saya. Tak hanya saat jauh dari kampung halaman tapi juga karena mengenang nostalgia bersama nenek.
Dulu, nenek saya adalah seorang kepala sekolah rakyat di zaman kolonial Belanda. Beliau setia dengan profesinya bahkan hingga Indonesia mereka. Karena itu nenek, mendapat tunjangan hidup berupa uang pensiun di hari tuanya.
Nah, setiap kali pulang ambil uang pensiun ke KBN(kalau saya tak salah ingat) nama tempat pengambilan uang pensiun itu, nenek akan mengajak saya yang waktu itu masih balita mampir dulu ke Pasa Ateh. membeli martabak dan bika si mariana. Nggak tau juga kenapa namanya bika si mariana. Entah apa karena yang jual bernama Mariana atau ada sebab lainnya. Hanya saja saat menikmati bika ini di rumah, nenek akan bersyair sbb:

"Bika si Mariana
 Indak dibali takana-kana..."

Artinya :
Bika si Mariana
Kalau nggak dibeli bakal keingetan terus

Sekarang sih saya suka nyengir sendiri kalau ingat hal ini. Praduga saya, nenek bersyair demikian untuk menutupi fakta bahwa beliau memang sengaja membeli bika karena emang pengen tapi malu ngaku. Hehehe :D
Sebab, nenek bukan hanya belanja satu dua jenis makanan tiap kali abis ambil uang pensiun. Saya hafal tempat jualan makanan mana saja yang disinggahi nenek setiap bulan. Dan betapa beruntungnya saya karena selalu diajak. Hehe :D

Nah, kembali ke  si bika. Hmmm.. bika ini terbuat dari tepung beras, santan, gula putih dan juga ada parutan kelapa. Tapi cara bikin adonan persisnya saya belum tau. Yang saya tau bika ini dibakar bukan di oven. Tapi beda juga dengan bika si mariana bahannya. sayang saya belum ada fotonya.
Nanti deh saya infoin lagi ...

2 komentar:

  1. ini..kuliner khas sumatra barat bukan sih... kayanya pernah makan... enak selagi hangat..

    BalasHapus
  2. Kesukaan suamiku, kue ini Mbak :D

    BalasHapus